lcLB9QMQam2libjfHWIRa1O2PTahFmLdYn1lizA9

Laporkan Penyalahgunaan

Cari Blog Ini

Profil Kadal Duri Mata Merah Papua

Foto Kadal Duri Mata Merah Papua (Red Eyed Crocodile Skink)
Topik pembahasan kita kali ini adalah Samudra Reptil, menyelam lebih jauh dan lebih dalam maka kita menemukan pembahasan yang kita cari yaitu Kadal Duri Mata Merah Papua. Siapakah mereka ?. Maka mari kita cari tahu bersama, ayo baca terus artikel ini!, karena kami akan berusaha secara lengkap menjabarkan tentang kadal cantik satu ini.


Taksonomi

Klasifikasi Ilmiah Kadal Duri Mata Merah
Tribolonotus gracilis. Nama ilmiah itu diberikan kepada spesies ini di tahun 1909 oleh Petronella Johanna Nelly de Rooij asal Belanda yang hidup pada tahun 1883-1964. Ngomong-ngomong beliau itu adalah wanita. Sangat kagum sekali karena sangat jarang sekali bagi seorang wanita pada masa itu menjadi seorang zoology dan herpetology mengingat adanya diskriminasi, tidak seperti sekarang dimana terdapat SJW. Pada tahun 1915, ia menerbitkan The Reptiles of the Indo-Australian Archipelago, Volume 1.

Masuk ke dalam anggota genus Tribolonotus dan masuk family Scincidae. Genus Tribolonotus sendiri memiliki 10 spesies yang keberadaannya tersebar di indo-australia, di antaranya adalah
  1. Red-eyed crocodile skink itu sendiri, T. gracilis (de Rooij, 1909).
  2. Merupakan saudara atau sepupunya, karena pembeda yang mencolok dari mereka hanyalah mata yaitu white-eyed crocodile skink. T. novaeguineae (Schlegel, 1834). Nomor 1 dan 2 merupakan spesies yang sering dijumpai di perdagangan hewan peliharaan
  3. T. parkeri (Rittmeyer & Austin, 2017).
  4. Giant spiny skink. T. ponceleti (Kinghorn, 1937).
  5. Western crocodile skink. T. pseudoponceleti (Greer & Parker, 1968).
  6. Schmidt's helmet skink. T. schmidti (Burt, 1930).
  7. T. choiseulensis (Rittmeyer & Austin, 2017).
  8. Admiralty spiny skink. T. brongersmai (Cogger, 1973).
  9. Blanchard's helmet skink. T. blanchardi (Burt, 1930).
  10. Zweifel's helmet skink. T. annectens (Zweifel, 1966).

Red-eyed crocodile skink, sekarang menjadi umum dan mulai digemari sebagai hewan peliharaan eksotis (exotic pet), merujuk pada hewan yang tidak biasa dan jarang dijadikan peliharaan, tidak seperti anjing atau kucing. Maaf, anjing dan kucing juga dapat dikategorikan sebagai exotic pet bila mereka bukan hewan asli daerah itu. Perumpamaannya adalah kalian berada di pulau jawa nih, namun kucing nya kalian impor dan sebenarnya adalah hewan endemik daerah lain, nah itu bisa dikategorikan.

Lalu apakah mereka legal ?. Ya mereka legal. Tenang saja, kalian tidak perlu memiliki surat ijin khusus untuk memelihara mereka ataupun merasa khawatir bila ketahuan aparat berwenang lalu diciduk karena memelihara mereka. Populasinya sendiri masih banyak di alam liar dan tidak masuk ke dalam golongan hewan yang terancam punah dan dilindungi.

Saya membahas hal itu karena kita tahu bahwa terdapat beberapa spesies reptil yang populasinya menurun dan terancam punah karena pengaruh dari manusia, mulai dari perburuan yang berlebihan contohnya saja penyu, kerusakan habitat alami, dan lainnya.

Penampilan

Kadal Duri Mata Merah Papua. Mereka mendapatkan gelar nama nya di pasaran karena kulit sisik mereka bagian atas dari ujung ekor sampai kepala terdapat empat baris berbentuk runcing segitiga menghadap ke atas, mirip menyerupai seekor buaya. Hal itulah yang membuatnya populer di kalangan pecinta reptil.

Punya tubuh dan kaki yang kuat, itulah sebabnya mereka dapat memanjat batang pohon. Dan tubuh bagian atas dari kepala, punggung dan ekor berwarna cokelat gelap sedangkan tubuh bagian bawah berwarna kekuningan

Bentuk Naga Toothless dari Film How to Train Your Dragon Terinspirasi dari Kadal Duri Mata Merah Papua
Namun bila diamati lebih dekat lagi, kadal duri lebih mirip seekor naga. Dan fakta mencengangkan adalah film How To Train Your Dragon, karakter naga utamanya bernama Toothless, bentuknya memang terinspirasi dari hewan ini. Melihat fakta itu pasti orang menjadi merasa lebih lagi untuk memiliki makhluk kecil ini.

Ukuran panjang tubuhnya dapat mencapai 8-10 cm dan berat berkisar 0.45 kg ketika dewasa, Sedangkan pada anak yang baru menetas panjangnnya hanya 6 cm. Pembeda antara jantan dan betina bisa dilihat dengan cara mengamati perbedaan yang nampak jelas di telapak dan jari kaki bagian belakangnya.

Perbedaan Jantan dan Betina Kadal Duri Mata Merah Papua
Terlihat jelas foto diatas bahwa kaki jantan lebih bersisik dan terlihat berisi. Sedangkan betina, telapak kakinya lebih halus dan ramping.

Penampilan Kadal Duri Mata Merah Masih Remaja Belum Berumur 6 Bulan
Remaja berumur kurang dari 6 bulan memiliki penampilan yang sedikit berbeda, tekstur sisiknya sama hanya warna pada bagian kepala lebih coklat krem, iris pada mata berwarna biru dan tidak terdapat tanda oranye yang khas di lingkaran mata.

Di penangkaran, kadal duri mampu hidup hingga berumur 10 tahun, itu lebih lama dibandingkan hidup di alam liar. Mampu panjang umur di penangkaran, merupakan hal yang biasa. Mengingat segala kebutuhannya dari mulai kesehatan, makanan, kondisi lingkungan semua terkontrol dan diawasi.

Habitat dan Kondisi

Sangat penting untuk mengetahui habitat asli tempat kadal duri tinggal dan berkembang biak, tanpa mengetahui hal itu maka orang pemula yang memelihara mereka akan merasa kesulitan.

Kadal duri merupakan hewan asli (endemik) asal Irian Jaya dan Papua Nugini. Hidup di hutan tropis lembab.

Disana mereka juga ditemukan hidup membaur dan beradaptasi di lingkungan manusia. Dapat memanjat pohon namun keberadaan dan waktu mereka dihabiskan di tanah.

Namun berdasarkan para orang yang mengerti dan mencintai reptil, kadal duri juga mendiami pinggiran sunga yang lembab dan mencari tempat untuk membuat lubah sebagai tempat berlindung untuk menghindari sinar matahari dan predator.

Predator alami mereka di alam liar adalah kadal yang lebih besar dan burung.

Terserah kalian tinggal di daerah seperti apa, gurun, kering, hujan atau apapun itu. Bila kondisi lingkungan tempat mereka tinggal memenuhi syarat kebutuhan hidup mereka, maka itu bukan menjadi masalah. Lalu seperti apa ?. Simak berikut ini.

Suhu tempat tinggalnya pada malam dan siang hari berkisar 21-26 C. Kalian tidak bisa mengira-ngira suhu ruangan ?, maka terdapat alat khusu untuk memberitahu kondisi suhu secara real time. Namanya Thermometer, mungkin ada di toko hewan peliharaan dengan harga berkisar Rp 30.000

Kita tinggal di negara indonesia dengan iklim tropis maka kelembaban terkategori tinggi. Namun yang dibutuhkan kada duri ini berkisar 70-90%, mengikuti habitat alami mereka yang tinggal di dekat perairan.

Maka untuk mengakalinnya kalian beri mereka wadah berisi air berfungsi sebagai tempat mereka berendam, dan juga semprot kandang mereka hingga basa, namun jangan sampai menggenang dengan frekuensi sehari 3-4 kali penyemprotan. Terdapat juga alat untuk mengukur kelembaban udara, bernama Hygrometer.

Makanan

Merupakan hewan pemakan daging atau karnivora. Mereka memakan serangga kecil seperti jangkrik, ulat hongkong, belatung dan lainnya. Dengan catatan makanan mereka harus berukuran sama dengan mulut kadal duri.

Waktu yang tepat dan kesukaan mereka untuk berburu mendapatkan makanan adalah dimalam hari. Sebenarnya subuh jam 3 - 4 pagi. Sehingga itu merupakan momen yang pas untuk kalian bisa melihat bagaimana cara mereka makan. Itu juga sebagai pengingat bagi para pemilik untuk jangan memaksakannya makan pada waktu siang hari. Tidak direkomendasikan.

Atau kalian bisa melakukan percobaan memberi mereka makanan yang paling disukainya pada pada waktu siang namun dengan jam yang sama setiap hari. Kemungkinan kadal duri akan merespon lalu memakanannya.

Cara memberi makan mereka bagaimana ?. Contohnya jangkrik. Kalian dapat memasukan jangkrik hidup ke dalam kandang, biarkan jangkrik berkeliaran dan kadal duri memburunya.

Namun, bila setelah satu jam berlalu jangkriknya tidak kunjung dimakan. Segera lakukan penarikan makanan, itu bertujuan untuk menghindari jangkrik menggerogoti kadal duri mata merah. Ini serius!.

Atau biar lebih aman, bisa menggantinya dengan ulat hongkong yang dirasa lebih aman.

Makanan bisa diberikan per tiga hari sekali ataupun setiap hari. Setiap makan ditambahkan Kalsium+D3 (Senin - Jumat). Lalu ada Vitamin (Sabtu - Minggu)

Perilaku

Tergolong sebagai reptil yang pemalu, dengan dibuktikannya mereka menghabiskan sebagian besar waktu mereka untuk bersembunyi di lubang.

Ini juga sebagai tips dan pemberitahuan bagi orang yang sedang mencari reptil sebagai hewan peliharaan. Kadal duri mata merah papua tidak suka dipegang atau berinteraksi dengan manusia, jadi jangan mengharapkan dipikiran kalian bisa memegang dan bermain dengan mereka selama seharian penuh. Itu hanya membuat kadal duri menjadi takut dan stress.

Saat merasa tidak nyaman atau terancam. Kadal duri bisa berpura-pura mati, diam dan tubuh berusaha menjadi kaku, lalu mencari waktu yang pas untuk kabur melarikan diri.

Berpura-pura mati sebagai bentuk pertahanan diri bukanlah satu-satunya bentuk perlawanan mereka. Seperti kebanyakan kadal, mereka dapat menggigit ataupun melepaskan buntutnya, namun bisa tumbuh kembali walaupun tidak sempurna dan pasti akan terdapat bekas yang menunjukan mereka pernah memutuskan ekornya.

kadal duri juga bisa mengeluarkan suara untuk menakuti musuhnya, baik itu yang jantan atau betina. Fakta lainnya, terdapat sebuah pengamatan yang dilakukan oleh Hartdegen, Ruston et al (2001), menunjukan adanya perbedaan suara jantan dan betina.

Kemampuan unik lainya yang berguna untuk mereka beradaptasi adalah dapat menahan nafas didalam air hingga waktu yang lama.

Dianjurkan untuk memelihara satu atau sepajang untuk para pemula. Level kesulitan memelihara mereka tergolong easy-medium.

Pembiakan Kadal Duri

Musim kawin mereka terjadi di antara musim hujan, Desember hingga Maret. Namun di dalam penangkaran bisa berkembang biak sepanjang tahun bila kondisi lingkungannya seperti saat musim hujan, sering gerimis dan kelembaban tinggi.

Kadal duri akan matang secara seksual pada umur 3-4 tahun.

Bentuk Telur Kadal Duri Mata Merah Papua
Mereka akan menggali sarang, meletakan telurnya lalu menguburnya tidak terlalu dalam. Mereka akan bertelur satu kali dalam setiap minggu sampai lima atau enam minggu berturut-turut.

Ayah dan ibu kadal duri akan mempertahankan sarang mereka dan bersikap agresif pada siapa saja yang mengganggu sarangnya terutama bila terdapat telur.

Cara Memelihara Kadal Duri Mata Merah Papua

Wawasan yang dipaparkan berikut ini adalah panduan bagaimana cara merawat kadal duri mata merah papua. Ditulis dengan sepenuh hati dan berusaha menggali menggali informasi dari sumber yang terpercaya. Semoga bisa dijadikan referensi bagi para pecinta reptil.

Oke mari kita mulai. Sebelum kalian berkomitmen untuk memelihara kadal duri. Pastikan pengetahuan kalian tentang cara merawat, mengerti perilaku, habitat dan makanan. Itu adalah dasar yang harus dipahami sebelum memelihara makhluk hidup.

Setelah itu siapkan tempat tinggal mereka. Semuanya harus sudah siap dan tertata. Saran saya, jangan kadalnya datang baru kita tergesa-gesa menyiapkan tempat.

Membuat ini dengan biaya yang tidak terlalu mahal. Berikut daftar item yang harus disiapkan untuk memenuhi kebutuhan hidup reptil kecil ini.
  1. Akuarium berukuran minimal 30x12x12 cm. Ukurannya lebih dari itu juga boleh.
  2. Substratnya berupa cocopeat.
  3. Wadah berfungsi sebagai tempat kadal duri berendam. Karena habitat aslinya menghuni tempat lembab dan untuk mendinginkan tubuhnya.
  4. Hiding cave karena memiliki perilaku bersembunyi, tidak menyukai cahaya, aktif di malam hari.
  5. Semprotan air berfungsi untuk menyemprot wadah mereka untuk menjaga kelembaban udaranya agar tetap tinggi.
  6. Wadah makan, dapat diisi ulat hongkong.
  7. Lalu bisa menambahkan dekorasi sebagai hiasan, entah itu batu, kayu, tanaman palsu, atau lainnya.

Siapkan tempat dulu baru kadalnya ada. Sesampainya kadal tiba dirumah baru masukan ke kandang. Perlu diingat juga, biarkan mereka beradaptasi dengan rumah baru, dan beri kadal waktu untuk beristirahat setelah melalui perjalanan jauh dari tempat mereka dibeli.

Cara setup aquarium kadal duri papua sangatlah mudah.
  1. Bersihkan akuarium terlebih dahulu, baik itu akuarium baru atau bekas biar tidak ada kuman dan bakteri, bersihkannya dengan menggunakan kalau desinfektan khusus hewan
  2. Isi dengan cocopeat sebagai substrat dengan ketinggian berkisar 1 cm itu sudah cukup.
  3. Masukan wadah berisi air yang fungsinya sebagai tempat kadal untuk berenang.
  4. Tambahkan hiding cave bisa terbuat dari apa aja, batu yang ditumpuk lalu tengahnya dibuat rongga, boleh.
  5. Beri wadah pakan.
  6. Bila semua sudah tertata maka, kadal sudah masuk. Kemudian semprot dengan air, tidak perlu sampai terlalu menggenang. Cukup sampai basah saja.
  7. Untuk memberi makan dan kondisi lingkungan harus seperti apa. Sudah saya jabarkan pada tulisan berjudul makanan. Bisa kalian baca.

Apakah crocodile skink perlu untuk dijemur ?.
Terdapat beberapa perdebatan tentang hal ini. Ada yang mengatakan perlu dikarenakan merka merupakan bangsa reptil berdarah dingin, namun sebentar saja dan disaat pagi hari. Tapi ada pula orang yang mengatakan mereka suka tempat yang lembab sehingga penjemuran tidak dibutuhkan.

Video Kadal Duri Papua


Sudah Seperti itu. Dan bila ada kesalahan atau ingin menambahkan informasi apapun itu, kalian bisa memberitahukannya melalui kolom komentar, pasti saya akan respon.
Related Posts

Related Posts

Posting Komentar