lcLB9QMQam2libjfHWIRa1O2PTahFmLdYn1lizA9

Laporkan Penyalahgunaan

Cari Blog Ini

Ikan Medaka Hias (Oryzae latipes)

Jenis Ikan Medaka Hias

Ikan Medaka adalah ikan yang masuk ke dalam anggota genus Oryzias (ricefish) dan menjadi satu satunya genus di subfamily Oryziinae. Kasian banget sendirian dia.

Kita mungkin akan menyebut dan mengenal ikan ini dengan panggilan ikan medaka, biar lebih mudah diingat karena namanya yang hanya terdiri dari satu kata. Medaka sendiri memiliki arti yang kalau tidak salah dan menurut apa yang saya baca yaitu “Cahaya Dari Dalam”, mungkin ini karena tubuh mereka seperti tembus cahaya.

Namun, di luar negeri sendiri yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa keseharian akan menyebut ikan ini sebagai Japanese Rice Fish, Japanese Medaka, Japanese Killifish, Ricefish.

Ikan medaka telah populer dan telah menjadi hewan peliharaan di negeri matahari terbit, diperkirakan sejak abad ke-17.

Kekerabatan mereka dengan spesies ikan jenis lain telah dipetakan oleh para peneliti dan hasilnya menunjukan bahwa ikan platy merupakan kerabat terdekat mereka, ya mungkin sepupunya.

Termasuk sebagai ikan yang memiliki ukuran tubuh kecil, hanya berkisar sampai 3,2 - 4 cm (1,6 inchi). Dengan ciri-ciri tubuh ramping dan memanjang serta punggung yang sedikit melengkung.

Lalu berapa lama rentang hidup ikan medaka ?. Ikan medaka pernah diteliti dan ditempatkan pada ruangan laboratorium dengan suhu rata-rata per tahun 27°C, mereka mengobservasi bahwa ikan medaka yang mereka teliti hidup hingga 1 tahun.

Namun ada juga ikan medaka yang telah tercatat memiliki masa hidup yang lama, sekitar 5 tahun, tepatnya pada tahun 1838 di Kota Chiba, Jepang. Diketahui mendaka tersebut ditempatkan pada luar ruangan.

Namun ada pula yang berpendapat bahwa masa hidup mereka berkisar 4 tahun. Seperti faktor suhu sangat mempengaruhi lama hidup hewan poikilothermal eurythermic seperti medaka ini.

Dan ada juga sumber dari wikipedia luar negeri yang memuat informasi tentang mereka bahwa jangka hidup medaka di alam liar rata-ratanya adalah 2 tahun.

Kesimpulannya adalah mereka hanya dapat hidup 1 - 3 tahun dan sukur-sukur bisa sampai 4 bahkan 5 tahun.

Taksonomi

Taksonomi Ikan Medaka
Kingdom Animalia
Phylum Chordata
Class Actinopterygii
Order Beloniformes
Family Adrianichthyidae
Genus Oryzias
Species latipes

Nama ilmiah mereka diberikan oleh Coenraad Jacob Temminck dan Hermann Schlegel pada tahun 1846. Oryzias atau oryza diserap dari bahasa yunani artinya padi. Merujuk dimana tempat mereka hidup dan berenang.

Statusnya dalam IUCN Red List adalah Not Evaluated (NE).

Habitat, Air dan Distribusi

Medaka merupakan ikan endemik Asia Timur khususnya di Jepang, Korea, China dan Vietnam. Dalam penyebaranya, mereka sudah merambah dan diperkenalkan sampai negara Iran dan Turki. Lalu mengapa ikan kecil yang bisa dijadikan ikan hias ini sangat jarang dijumpai di pasar Indonesia ?.

Mendiami petak sawah, itulah yang menyebabkan namanya ricefish. Juga sungai berarus lambat, rawa, selokan dan  kolam.  

Sebagai ikan yang hidup di daerah beriklim sedang mereka diberi kelebihan oleh Semesta sebagai ikan eurythermal yang artinya mampu dan sanggup bertahan hidup di lingkungan yang memiliki perbedaan suhu yang luas.

Mari kita ambil contoh fakta bahwa mereka dapat hidup di luar ruangan dengan kondisi lingkungan seperti Tokyo disaat musim dingin dengan suhu bisa mencapai 0°C dan sangat berbeda jauh ketika musim panas yang mana suhunya dapat mencapai 40°C.

Namun mereka akan sangat nyaman bila hidup di lingkungan air bersuhu 15 - 28°C.

Mereka juga digolongkan sebagai ikan euryhaline seperti halnya ikan molly dimana dapat hidup di keadaan air berkadar garam tinggi, itu artinya mampu hidup di air tawar dan juga payau.

Walaupun ginjal mereka kuat. Tetap saja, kondisi air seperti apakah yang cocok dan membuat nyaman mereka ?.

Tingkat keasaman air atau (pH) harus 7.0 - 8.0 sedangkan untuk kekerasan air (dGH) berkisar 9 - 19.

Ukuran akuarium yang direkomendasikan oleh para penghobi dan pecinta hewan adalah 10 gal (38 L) atau bila mencari ukuran akuarium berkisar 41 x 29 x 32 cm. Aquarium dengan lebar seperti itu diperuntukkan mendaka secara bergerombol sekitar 6 ekor bahkan lebih. Atau bisa juga tempatkan 20-30 ikan dalam 60 liter tangki air.

Untuk lebih mudahnya, perawatan ikan ini tidak jauh berbeda dengan goldfish. Dan jadwal penggantian air bisa seminggu sekali dengan air yang tergantikan dengan yang baru hanya 30%.

Bisa dibilang tingkat pemeliharaan mereka berada di tingkat mudah. Sehingga cocok untuk pemula.

Makanan

Pemberian makan medaka bukanlah sesuatu yang menyulitkan dan membuat kalian pusing tujuh keliling. Mereka bukanlah hewan yang rewel dan pilih-pilih soal makanan.

Mereka adalah omnivora mengartikan kalian bisa memberi makan mereka apa saja, sayur dan protein hewan. Pelet juga dapat diberikan. Namun kita tahu yang namanya ikan lebih suka protein dari daging hewan. Sehingga berikanlah porsi lebih banyak plankton kecil, cacing darah, cacing beku, jentik nyamuk, kutu air, ataupun udang kering kecil.

Pemberian pakan kepada ikan medaka dapat dilakukan beberapa kali dalam sehari hanya saja yang perlu diingat adalah makanan yang tidak termakan oleh ikan harus di usahakan jangan menggendap dan tertinggal terlalu banyak di dasar akuarium.

Berkembang Biak

Kematangan seksual ikan medaka akan tercapai saat panjang tubuhnya mencapai 2,5 - 3 cm atau membutuhkan waktu 2 bulan yang dimulai dari hari ia menetas.

Secara alami, musim kawin dan meletakan telur terjadi antara musim semi dan panas. Bila di jepang, maka akan terjadi antara bulan Mei sampai Agustus.

Betina sekali bertelur mampu menghasilkan 10 - 20 butir, dan dapat bereproduksi setiap hari dalam lingkungan laboratorium.

Secara alami medaka melakukan jam kawin mereka saat fajar tiba dan berkembang biak secara bertelur atau bahasa anak IPAnya adalah ovipar.

Setelah pembuahan, betina secara beberapa saat akan membawa telur mereka di depan sirip anal sebelum meletakkannya di tumbuhan air seperti enceng gondok atau tanaman lain.

Salah satu keuntungan menjadi ikan eurythermal adalah telur mereka dapat disimpan dalam suhu 4°C. Membuat embrio di dalamnya dapat lambat untuk berkembang. Itu menjadikan para peneliti lebih mudah untuk mengamati perkembangan telur ikan medaka.

Telur ikan madaka membutuhkan waktu 4 hingga 10 hari untuk dapat menetas.

Karakter

Medaka merupakan ikan yang ramah dan tidak akan pernah menyerang ikan jenis lain ataupun sesamanya karena mereka bukan ikan teritorial seperti ikan cupang.

Untuk gaya berenang, sangat suka berada di bagian tengah dan paling atas akuarium.

Dan sepertinya tidak ada masalah tentang seberapa besar perbandingan ikan medaka jantan dan betina dalam satu wadah / akuarium. Itu sepertinya nilai tambah lainya dari ikan ini dibanding ikan molly.

Namun, hal yang harus diperhatikan adalah ingatlah agar selalu menutup bagian atas akuarium, karena mereka tipe ikan yang bisa meloncat.

Jenis Ikan Medaka

Di negara jepang terdapat para breeder yang khusus mengembangbiakan ikan medaka, ada yang sekedar untuk mengisi waktu yang kosong, sebagai hobi, atau memang kegiatan itu mereka fokuskan untuk mendapatkan pundi-pundi yen alias dijual.

Namun karena keterbatasan informasi, sangat sedikit sekali jenis Japanese Ricefish yang kami tahu.

Ada juga jenis Gold medaka dan Moonlight medaka.

Selain itu ada pula medaka yang sudah dilakukan rekayasa genetik sehingga tubuh mereka dapat bercahaya dalam gelap. Namun kabarnya ikan jenis ini sudah dilarang perjual belikan di Uni Eropa.

Catatan yang ada adalah bahwa ikan medaka versi liar / alamnya memiliki penampilan kurang menarik dibandingkan ikan yang telah dibudidaya oleh para breeder.
Related Posts
Terbaru Lebih lama

Related Posts

Posting Komentar