lcLB9QMQam2libjfHWIRa1O2PTahFmLdYn1lizA9

Laporkan Penyalahgunaan

Cari Blog Ini

Jenis Keong Hias dan Hama Aquascape Air Tawar

Jenis Keong Hias dan Hama di Aquascape Air Tawar

Alampedia.com - Pada dasarnya aquascape hanyalah seni menciptakan landscape yang indah dimana fokus utamanya menata batu, tumbuhan, pasir, dan kayu sedangkan ikan dan hewan lainnya hanyalah pemanis, namun justru semau itulah membuat seni ini menjadi lebih hidup.

Keong

Siput / gastropoda dan termasuk dalam filum Mollusca, filum terbesar kedua setelah arthropoda / hewan beruas seperti kepiting, udang, dan serangga-serangga. Mollusca atau arti dari bahasa latin iyalah lunak, menjadi filum yang menyumbang lebih dari 70 ribu jenis hewan contohnya kerang, cumi-cumi dan kerabatnya ditambah sekitar 30 ribuan jenisnya merupakan hewan purba berbentuk fosil.

Hewan ini pada awalnya hidup di air laut, air payau dan air tawar kemudian ada yang sempat berevolusi menjadi siput darat, mungkin bisa dibilang dari dasar laut sampai puncak gunung terdapat hewan ini. Untuk keong air tawar, habitat alaminya yaitu sungai, danau, dan rawa dan untuk habitat buatan biasanya banyak dijumpai di kolam, bendungan, dan sawah.

Keong air tawar yang merupakan pemanis dari aquascape, namun disisi lain hewan ini mempunyai peran sangat penting di akuarium. Karena bila ada ataupun sebaliknya maka kemungkinan membuat kita mengalami kesulitan dalam mengurus aquascape kita.

Siput yang dalam bahasa Inggrisnya adalah snail atau di berbagai daerah di Nusantara sendiri menyebutnya bekicot, tutut, kol, kraca, haliling, dan masih banyak lagi. karena bahasa daerah kita banyak sekali hingga ratusan.

Faktanya di pulau Jawa sendiri terdapat 60 lebih jenis keong air tawar. Namun sayang. Sebagai pulau paling padat penduduk dan kita tahu bagaimana orang kita memperlakukan lingkungan disekitarnya, dimana sampah dan limbah dibuang sembarangan ke tanah maupun perairan. Membuat beberapa jenis keong air tawar ini terancam punah.

Dari beribu-ribu jenis gastropoda, saya hanya akan membahas belasan keong air dan lebih spesifik lagi untuk keong yang ada dan sering di aquascape sobat. Berikut daftarnya :

Jenis Keong Hias Aquascape Air Tawar

Pada keong jenis ini, mereka dimasukan kedalam akuarium untuk mempercantik dan memberikan kesan lebih hidup pada aquascape. Namun selain itu, keong hias air tawar juga memiliki nilai tambah sangat penting lainya yaitu memakan alga.

Alga merupakan hal yang wajar daun, batu, kaca bahkan tanaman moss. Lalu apa saja siput yang cocok selain mempunyai bentuk yang estetis namun dapat juga membersihkan alga.

Nerite Snails

Saya akan membahas keluarga siput yang saya reset tidak ada di wikipedia indonesia atau website lainnya di negeri ini, sangat susah sekali mencari informasi tentang Neritina Natalensis.

Bila anda ketik “Nerite Snail” di mesin pencari google, maka yang anda temukan adalah keong turbo atau zebra padahal faktanya neritidae atau lebih dikenal dengan nerite snail adalah sebuah keluarga. Sedangkan keong turbo, yang dalam bahasa inggris adalah zebra nerite snail merupakan salah satu anggota dari keluarga nerite snail. Nerite snail sendiri memiliki anggota keluarga lebih dari 200 jenis keong dan yang saya bahas hanyalah beberapa saja, tidak semuanya.

Info Cepat Nerite Snails
Level Perawatan Mudah
Watak Rukun
Pola Makan Herbivora
Reproduksi Gonochoristic
Umur 1-2 Tahun
Ukuran Tergantung Jenis
Warna Tergantung Jenis
Asal Afrika (Kenya, Somalia, Tanzania, Afrika Selatan, Mozambik)
Keluarga Neritidae
Harga Rp 4.000 - 5.000 (Tergantung Jenisnya)
Info Air
Habitat Air Tawar, Payau, Laut
Suhu 70-80 F (21°C - 27°C)
pH 6.5 - 8
Kesadahan 6 - 12 dH
Nitrit 0 ppm
Amoniak 0 ppm
Nitra 40 ppm

Keuntungan nerite snail yaitu spesiesnya merupakan pemakan alga terbaik, untuk spot alga, kalian dapat mengandalkan keong nerite sedangkan untuk hair alga kalian dapat menugaskan udang amano. Bila alga sudah habis, sobat dapat menggantinya dengan wafer alga atau bayam / selada yang telah direbus.

Keluarga siput ini hidup di perairan pantai, payau dan beberapa dari spesies nerire snail mampu beradaptasi dan hidup di air tawar. Keluarga keong nerite memiliki perilaku cinta damai dan bersahabat.

Tambahan juga, bahwa nerite snail tidak akan memakan daun tanaman walaupun dalam keadaan sangat kelaparan, sehingga pastikan sobat punya stok makanan untuk keong ini.

Sepengetahuan saya, kebanyakan nerite snail bukanlah hewan hermaphroditic, atau hewan yang dapat berganti kelamin.

Nerite snail merupakan hewan Gonochoristic, yaitu hewan yang secara morfologi memiliki perbedaan antara jantan dan betina baik secara ukuran tubuh, warna, dan pembeda lainya.

Siput nerite betina dapat bertelur di air tawar, namun telurnya tidak akan pernah menetas. Itu dikarenakan telur dan anak keong nerite membutuhkan air payau untuk berkembang. Oleh karena itu mungkin ini salah satu alasan para penghobi aquascape memilih keong dari keluarga nerite sebagai salah satu hiasan dan pembersih alga. Karena aquariumnya tidak mungkin diserang oleh ledakan populasi keong. Dalam sudut pandang saya, ini merupakan nilai tambah dari keluarga keong nerite.

Perlu diingat. Nerite snail merupakan keong pasang surut "tidal snail", karena pada habitat alaminya yaitu di perairan bakau atau pantai dimana ada pergantian bulan dan air laut pasang dan surut sehingga lingkungan menjadi kekurangan air, dan ini kelebihan neretie snail yaitu dapat bertahan hanya sebentar dari ketidakadaan air. Namun, bila kualitas air tidak sesuai, maka keong cantik ini akan kabur dan tidak kembali lagi. Disarankan memberi penutup pada aquascape kalian atau awasi anggota keluarga keong ini.

Berapa banyak keong yang harus dimiliki untuk membersihkan aquarium ?. Kembali lagi itu tergantung seberapa banyak alga yang sobat miliki, rekomendasi adalah 1 keong setiap 5 atau 10 galon air.

Dibawah adalah beberapa contoh nerite snail.

Keong Tanduk

keong tanduk aquascape

Horned Nerite Snail. Seperti namanya keong ini mempunyai bagian menonjol ke arah luar pada cangkangnya sehingga dijuluki keong tanduk. bukan tanpa alasan spesiesnya berevolusi sampai memiliki apa yang disebut tanduk pada cangkangnya, bagian tajam itu bertujuan sebagai alat pertahanan diri dari ikan predator, contohnya ikan buntal. Ukuran yang lebih kecil dari keong turbo yaitu sekitar 1,2 - 2 cm membuatnya dapat bertengger di atas moss untuk membersihkan alga, bisa dibilang keong tanduk merupakan keong pemakan alga terbaik di kelasnya.

Keong Turbo

keong turbo aquascape

Zebra Nerite Snail. Memang lebih cocok disebut keong zebra daripada turbo, karena memang pola cangkangnya bergaris-garis. Saya tidak tahu kenapa di para penghobi aquascape dijuluki dengan keong turbo. Jika sobat tahu, yuk share di kolom komentar.

Untuk kecepatan dan kebersihannya memakan alga, siput turbo sedikit kalah dibandingkan jenis yang baru saja saya sebutkan. karena faktor ukuran tubuhnya terlalu besar yaitu 2,5 - 3 cm, alhasil dia tidak bisa menjangkau daun kecil seperti Moss.

Keong Bawang

keong bawang

Tiger Nerite Snail. Bukankan tiger merupakan nama untuk harimau dalam bahasa inggris, namun bila diperhatikan itu lucu dan tidak sesuai dengan apa yang terlihat. Tampak totol-totol hitam dengan pola tidak beraturan, lebih mirip binatang citah dengan warna dasar cangkang orange. Sepengetahuan saya, jenisnya lebih dekat kekerabatanya dengan keong turbo, dilihat dari cangkangnya.

Red Racer Nerite Snail

red racer nerite snail

Saya tidak tahu siput ini dinamai apa dalam bahasa indonesia apakah siput pembalap merah sesuai terjemahan inggris-indonesianya ?. Namanya cocok dengan faktanya, dimana jenisnya menjadi keong tercepat dalam keluarga nerite snail. Hal yang paling saya tahu lainya tentang siput balap merah adalah siput ini memiliki warna cangkang yang bagus, berwarna merah dan terdapat perpaduan keong turbo pada cangkangnya. Tubuh keong ini dapat mencapai 2,5 - 3 cm.

Olive Nerite Snail

olive nerite snail

Bila sobat tahu apa nama olive nerite snail dalam bahasa Indonesia, mohon diinfokan melalui kolom komentar. Yang pasti keong ini memiliki warna coklat kehijauan dan hanya itu saja fakta yang saya tahu.

Keong Sulawesi

keong sulawesi

Rabbit snail. Mari kita tinggalkan keluarga nerite snail. Bagi sobat yang memiliki aquascape berukuran sangat besar dan sudah memiliki siput untuk bersih-bersih tapi ingin hewan sebagai hiasan di dasar substrat, maka ini adalah jawabanya.

Keong Sulawesi atau ada beberapa orang menyebutnya dengan keong gajah karena ukuran tubuhnya yang dapat tumbuh hingga mencapai 10 cm. Dijuluki rabbit snail karena muka keong sulawesi terlihat seperti kelinci. Sedangkan bentuk cangkannya memanjang seperti tanduk unicorn. Disarankan minimal 1 rabbit snail setiap 20 liter air.

Info Cepat Keong Sulawesi
Level Perawatan Mudah
Watak Rukun
Pola Makan Herbivora
Reproduksi Gonochoristic
Umur 1 - 3 Tahun
Ukuran 10 - 12 cm
Warna Tergantung Jenis
Asal Sulawesi
Keluarga Pachychilidae
Harga Rp 8.000 s/d 15.000
Info Air
Habitat Air Tawar
Suhu 77° - 86°F (26°C - 30°C)
pH 6.5 - 8
Kesadahan 6 - 12 dH
Nitrit 0 ppm
Amoniak 0 ppm
Nitra 10 ppm

Makanan keong sulawesi sama seperti keluarga neritidae, namun karena memiliki cangkang yang besar keong hias ini lebih suka menjelajah dan beraktifitas mencari makanan di dasar substrat. Untuk catatan, beberapa penghobi aquascape melaporkan bahwa keong sulawesi tertarik dan memakan pakis lidah kolam.

Sobat tidak perlu kuatir untuk lonjakan populasi bila memelihara atau tidak sengaja keong hias sulawesi berada di aquarium sobat, karena dibutuh panjang 4 cm atau berumur 1 tahun untuk mencapai kematangan seksual. Ditambah, betina keong hias air tawar ini hanya akan bertelur setiap empat atau enam minggu sekali. Ukuran telur keong sulawesi sebesar biji kacang tauge atau sebesar penghapus pada ujung pensil.

Keong Apel

keong apel

Apple Snail atau orang luar negeri lebih mengenalnya dengan sebutan Mystery snails dan memiliki nama ilmiah Pomacea bridgesii.

Hal unik yang dimiliki apple snail adalah sepasang tentakel untuk mencari makan dan diatasnya lagi terdapat sepasang mata untuk mendeteksi gerakan dan cahaya, pendeteksi makanan dan sepasang matanya juga difungsikan untuk mendeteksi bila ada predator yang mendekat dan keong hias apel akan memasukan badanny ke dalam cangkang.

Jika kalian terburu-buru bisa melihat table di bawah yang sudah saya rangkum.

Info Cepat Keong Apel
Level Perawatan Mudah
Watak Rukun
Pola Makan Herbivora
Reproduksi Gonochoristic
Umur 1 Tahun
Ukuran 5 cm
Warna Tergantung Jenis
Asal Paraguay, Brazil dan Bolivia
Keluarga Ampullariidae
Harga Rp 15.000
Info Air
Habitat Air Tawar
Suhu 68° - 82°F (20°C - 28°C)
pH 7.0 - 7.5 pH
Kesadahan 7 - 18 dH
Nitrit 0 ppm
Amoniak 0 ppm
Nitra 20 ppm

Pastikan bila kalian membeli siput dalam keadaan sehat dan tidak cacat seperti cangkang pecah. Cangkang pecah bisa diindikasikan berbagai hal seperti kurangnya kalsium, terjatuh dari akuarium, karena keong dapat memanjat dan keluar dari air, atau diserang pemangsa. Selain itu cangkangnya tidak akan tertembel bila sudah pecah atau berlubang.

Keong Apel bernafas menggunakan insang sama seperti ikan dan juga paru-paru seperti makhluk darat. Fungsi paru-paru keong air tawar ini, yaitu hidup di luar permukaan air. Sehingga keong apel dapat lolos, melarikan diri dari akuarium.

Untuk makanan sama seperti gastropoda herbivora lainya. Artinya pemakan alga dan pendaur ulang yang baik, memakan tanaman mati dan membusuk.

keong apel memiliki umur tergolong singkat yakni 1 tahun, bila hidup bertahan lebih lama dari itu mungkin karena kualitas air yang baik.

Walaupun ukuran tubuh tergolong besar sampai 2 inch. jenis keong air tawar ini sangat ramah sekali dengan penghuni di sekitarnya, dengan ikan maupun tanaman. Sehingga kalian juga harus menyandingkan keong apel dengan ikan-ikan ramah seperti Killifish, Guppy, Angelfish.

Untuk reproduksi, sangat mirip dengan siput tambak. Yaitu akan meletakan telurnya di atas permukaan air yang lembab. Tambahan juga, bahwa betina dapat menyimpan sel sperma jantan selama berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan. Keong apel memiliki periode bertelur 2 sampai 3 minggu sekali dan lama telur untuk menetas yakni 1 bulan kurang.

Sama seperti gastropoda lainnya, dimana akan cepat berkembang biak bila disekitarnya banyak sumber makanan.

Jenis Keong Hama Aquascape Air Tawar

Keong hama di aquascape biasanya adalah masalah yang tidak sengaja muncul di akuarium. Celah keong hama aquascape masuk ke aquarium terkadang melalui tanaman air yang tidak dibersihkan dengan larutan air dicampur bahan kimia. Karena kebiasaan keong hama meletakan telur di tempat keras seperti batu, kayu, tanaman, dan kaca. Bahkan ada kasus telur berada cangkang keong lain.

Apakah kalian pernah melihat bulatan-bulatan membentuk gundukan dan berwarna pink yang melekat di kayu maupun batu di pinggir kolam ikan atau tambak ?. Jika kalian belum tahu itu apa, Itu adalah telur keong sawah. Namun tenang saja telur keong hama aquarium tidak sampai sebesar dan berwarna seperti itu. Ukuran telurnya sangat kecil dan berwarna putih, mata kalian harus jeli jika ingin melihatnya.

Disisi lain keong hama juga memakan alga. Namun kekurangannya hanyalah satu, bertelur terlalu cepat dan banyak. Yuk kita bahas apa saja jenis keong hamanya.

Keong Ramshorn

keong ramshorn

Ramshorn snail, memiliki bentuk cangkang unik dan beda dengan lainya, dimana bentuk seperti gulungan tali atau sesuai namanya, tanduk domba.

Ramshorn snail juga dibekali oleh tuhan memiliki rongga untuk menampung air maupun udara. Membuat dapat mengapung atau jatuh ke dasar air dengan posisi cangkang tetap vertikal, mirip seperti kapal selam. Oh iya, jenisnya merupakan keong dengan harga termurah dipasaran

Cangkangnya terlihat transparan sehingga akan sangat nampak organ dibaliknya. Transparan bisa juga memiliki keterkaitan dengan tipis pada sebuah benda. Dan benar saja, cangkangnya dapat dipecahkan bahkan hanya dengan dipencet menggunakan jari.

Hal lain yang mengesankan dari hewan satu ini yang tidak dimiliki jenis lain yaitu, ramshorn snail mempunyai hemoglobin yang kaya akan zat besi dan membuatnya berwarna merah sama seperti darah manusia.

Info Cepat Ramshorn Snail
Level Perawatan Mudah
Watak Rukun
Pola Makan Omnivora / Pemakan Alga
Reproduksi Hermaphroditic
Umur 2 Tahun
Ukuran 2 cm
Warna Tergantung Jenis
Asal -
Keluarga Planorbidae
Harga Rp 1.000
Info Air
Habitat Air Tawar
Suhu 70° - 80°F (21°C - 27°C)
pH 7.5 - 8 pH
Kesadahan 6 - 12 dH
Nitrit 0 ppm
Amoniak 0 ppm
Nitra >40 ppm

Soal pola makan. ramshorn snail sama seperti keong jenis omnivora pada umum. Bila pelet habis kalian dapat menggunakan makanan pengganti seperti sayuran hijau yang sudah direbus.

Untuk berkembang biak. Bisa dikatakan spesiesnya sama seperti tikus maupun kelinci, sangat cepat sekali.

Hal itu dipertegas dengan fakta bahwa jenisnya merupakan hermaphroditic, istilah ini lebih sering terdengar pada tanaman dimana ramshorn snail memiliki dua kelamin yang sama-sama berfungsi secara penuh, contoh bunga di tanaman terdapat putik dan benang sari.

Walaupun memiliki kelamin jantan dan betina masak secara bersama-sama, akan tetapi ramshorn snail betina tidak mampu melakukan pembuahan sendiri, perlu adanya transfer sperma.

Telur ramshorn snail hanya membutuhkan waktu 9 sampai 10 hari untuk menetas dan setiap kantung telur terdapat sekitar 15 telur.

Keong Terompet

keong terompet

Bentuk dan warna jenis keong keong terompet sangatlah indah dan cocok sebagai pemanis aquascape, dengan cangkang berbentuk kerucut. Sangat disayangkan jenisnya harus dimasukan ke dalam golongan hama.

Info Cepat Keong Terompet
Level Perawatan Mudah
Watak Rukun
Pola Makan Omnivora / Pemakan Alga
Reproduksi Parthenogenesis
Umur 1 Tahun
Ukuran 2 cm
Warna Tergantung Jenis
Asal Afrika dan Asia
Keluarga Thiaridae
Harga Rp 1.200
Info Air
Habitat Air Tawar
Suhu 70° - 80°F (21°C - 27°C)
pH 6.5 - 8 pH
Kesadahan 6 - 12 dH
Nitrit 0 ppm
Amoniak 0 ppm
Nitra >40 ppm

Saya tidak tahu kenapa mereka dijuluki malaysian trumpet snail. Apakah karena keong terompet berasal dari negara malaysia ?. Tetapi kenyataannya berbeda, dimana penyebaran aslinya sangat luas sekali. Hampir meliputi semua benua Afrika (Maroko sampai Madagaskar) dan Asia (Timur, Tengah, Tenggara). Dan untuk benua Eropa dan Amerika Selatan, biasanya dibawa oleh para pedagang.

Dapat beradaptasi dengan baik membuat jenis keong hama menjadi invasi di tempat yang baru. Seperti apa yang sedang terjadi di negara Amerika dan diyakini bahwa mereka memiliki dampak buruk bagi populasi siput asli disana.

Keong terompet adalah pemakan segalanya, tenang saja mereka tidak akan memakan tanaman air namun lebih ke alga. Hobby keong terompet menggali ke dalam substrat, dan mungkin kebiasaannya timbul untuk bersembunyi dari pemangsa.

Dijuluki binatang invasi dikarenakan perkembang biakannya sangat cepat. Dimana keong terompet merupakan partenogenesis yaitu tanpa dibuahi oleh pejantan, dan juga setiap kantung telur berisi 1 hingga puluhan telur.

Keong Pembasmi Hama

Beberapa jenis siput memiliki perkembangbiakan yang sangat cepat dan itu sangat buruk karena dapat menjadi hama untuk aquarium. Ada berbagai cara untuk membersihkan keong hama, dari mengambilnya secara manual dengan tangan atau pinset, lalu mengambil sisa makanan ikan agar agar tidak termakan keong, ataupun menggunakan perangkap.

Mungkin bagi orang awam terdengar aneh untuk mengandalkan keong untuk mengurus keong, ini mengingatkan saya tentang iklan minuman yang di bagian akhir iklannya mengatakan “jeruk kok minum jeruk”.

Yuk tidak usah berlama-lama, saya langsung perkenalkan mereka.

Keong Assasin

keong assasin

Jika kalian mendengar nama keong ini, mungkin kalian akan teringat sebuah permainan yaitu Assassin Creed dimana peran tokoh utamanya membasmi musuh yang tidak sesuai dengan jalan pemikiran mereka. Tapi menurut saya keong assasin lebih berperan seperti thanos yaitu sosok antagonis dalam cerita komik marvel dimana tujuannya adalah mengurangi populasi agar tercipta sebuah keseimbangan walaupun caranya kurang tepat, yaitu dengan genosida.

Memiliki nama lain yang kurang populer yaitu Clea helena. Keong assassin merupakan siput asli Asia Tenggara (Malaysia, Indonesia, dan Thailand), hidup di danau (contohnya Danau Toba, Sumatera Utara) dan sepanjang aliran sungai. Pemakan keong hama aquascape, lebih memilih tinggal di kondisi substrat lunak dan berpasir.

Bagi kalian orang sumatra, apa sebutan keong pemakan hama ini di daerah kalian?. Apakah keong lebah karena cangkan mereka memiliki bergaris berwarna coklat dan kuning.

Info Cepat Keong Assassin
Level Perawatan Mudah
Watak Rukun
Pola Makan Karnivora
Reproduksi Gonochoristic
Umur 2 - 3 Tahun
Ukuran 2,5 cm
Warna Garis coklat dan kuning
Asal Asia Tenggara
Keluarga Buccinidae
Harga Rp 4.000 - 5.000
Info Air
Habitat Air Tawar
Suhu 77° - 86°F (26°C - 30°C)
pH 6.5 - 8 pH
Kesadahan 6 - 12 dH
Nitrit 0 ppm
Amoniak 0 ppm
Nitra 20 ppm

Seperti yang dipaparkan dalam tabel info cepat di atas, keong pembunuh merupakan hewan karnivora. Kebiasaan keong assassin adalah mengubur tubuhnya ke dalam pasir, dan itu merupakan salah satu cara keong assassin memperoleh buruan dengan menyergapnya.

Keong hias assassin lebih memilih aktif di malam hari, atau jika ingin melihatnya beraktivitas pada siang hari, sobat dapat memasukan keong hidup agar dapat melihat bagaimana mollusca ini berburu, membunuh dan makan, Namun saya tidak merekomendasikan karena kasihan.

Walaupun tetap saja pergerakannya tergolong lambat karena assassin snail adalah keong, mungkin pemilik membutuhkan waktu beberapa menit untuk melihat bagaimana hewan bercangkang tersebut berburu keong hama sampai menyelesaikan makanannya. Nafsu makannya tergolong lumayan, bayangkan saja satu keong assasin mampu menghabisi 1-2 keong hama dalam sehari.

Keong assasin dapat menjadi kanibal bila pasokan makanan habis dan sedang sangat kelaparan. Selain keong hama sebagai menu favoritnya, keong assasin dapat diberi makan berupa pelet makanan ikan, ikan mati yang jatuh ke dasar akuarium, wafer alga karena terdapat kandungan protein yang cukup tinggi, cacing, dll.

Apakah Keong Assasin Memakan Udang Hias?

Jawaban-nya iya, tapi yang jelas udang itu sakit/sekarat sehingga dapat ditangkap dan dimakan olehnya. Karena udang sehat akan langsung lompat dan lari menjauh bila didekati oleh keong pembunuh. Faktanya, keong assassin jauh lebih lambat daripada udang.

Keong assasin aman untuk disatukan dengan ikan aquascape, seperti ikan guppy, neon tetra, cherry barb, dll. Contoh kedua ikan yang saya sebutkan sudah pasti aman. Karena guppy dan neon tetra merupakan ikan yang peaceful dan lagi, ikan hias jenis itu biasanya akan berenang di area tengah dan atas aquarium. Dan untuk telur ikan, mohon pemilik aquascape waspada mengingat telur siput lain juga dihabisi oleh keong ganas ini.

Apakah Keong Assassin Bisa Memakan Keong Jenis Lain dengan Ukuran Sama atau Lebih Besar ?

Lalu setelah saya riset dan saya juga menemukan videonya, keong assassing vs keong hama. Saya bisa menyimpulkan iya dan bisa. Keong assassin akan melakukan pengeroyokan untuk menjatuhkan keong yang ukuranya lebih besar dari jenisnya setelah itu akan makan bersama-sama. Sehingga saya dapat menyimpulkan keong assasin tidak disarankan bergabung menjadi satu dengan keong hias jenis berbeda walaupun ukuranya lebih besar.

Keong pembunuh akan berada di tingkat kematangan seksual bila sudah mencapai panjang 1 cm atau di umur 6-8 bulan. Jika dibandingkan dengan siput jenis lain, keong assasin tergolong tidak terlalu cepat dalam reproduksi.

Bila sobat butuh keong pembunuh hanya untuk membasmi hama, maka tempatkanlah satu ataupun dua bila populasi keong hama terlalu banyak. Sukur-sukur kalau kedua keong memiliki jenis kelamin yang sama, sehingga tidak bisa berkembang biak, namun setahu saya binatang keong khusus betina dapat menyimpan sperma, sehingga keong betina dapat bertelur berkali-kali meskipun hanya melakukan perkawinan sekali. Namun keong akan berhenti berkembang biak bila suhu air turun sampai mendekati 20’C.

Untuk jenis kelamin, keong ini sama halnya keong nerite dan keong sulawesi dimana terdapat jantan dan betina tapi kamu akan kesulitan dalam membedakan antara jantan dan betina, yang artinya tidak terdapat ciri-ciri fisik pembeda.

Kembali lagi, jantan akan menaiki betina saat proses perkawinan, proses ini biasanya berjalan hingga berjam-jam. Apakah sobat pernah pernah melihat dua tutut saling menempel ketika kalian di sawah atau pinggir sungai beraliran sedang dan jernih ? bila iya, bisa dipastikan itu adalah keong yang sedang melakukan proses perkawinan.

Jika sobat ingin membudidayakan nya, lebih baik siapkan enam atau banyak siput agar dapat kepastian terdapat betina dan jantan di kumpulan keong itu. *Catatan : hal ini berlaku sama pada siput yang saya sebutkan di atas.

Setelah melakukan perkawinan, betina akan langsung pergi untuk meletakan telurnya di kayu, batu, kaca, dll. Karena telur keong sangat kecil, ada beberapa kasus dimana pembeli tanaman hias aquascape tidak sengaja mendapatkan telur keong pembunuh di tanamannya.

Telur membutuhkan waktu 46-58 hari untuk menetas, semakin hangat suhu airnya maka semakin cepat telur keong assassin menetas. Bayi keong akan langsung bersembunyi di antara substrat dan berusaha mencari makanan berupa organisme berukuran kecil, cangkan masih lunak dan warna hitam belum begitu jelas.

Pembudidayaan keong bisa dibilang mudah-mudah susah. Beberapa orang budidaya bahkan tidak menggunakan penyaring air di tangki akuariumnya, dan untuk catatan menambahkan suplemen kalsium ke air sangat dibutuhkan keong untuk membentuk cangkang menjadi keras.

Sepertinya keong dan udang hias memiliki simbiosis mutualisme dimana udang aquascape akan memakan kotoran dari keong hias dikarenakan kotorannya mengandung bakteri yang dibutuhkan pada sistem pencernaan udang hias.

Related Posts
Terbaru Lebih lama

Related Posts

Posting Komentar